Akademi Pariwisata Nusantara (AKPAR Nusantara) Menuju Akreditasi

23-02-17 akparnus 0 comment

Berdasarkan  Peraturan Pemerintah  Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan dan Peraturan Mendiknas Nomor  28 tahun 2005 tentang BAN –PT,  bahwa  seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta,  harus terakreditasi,  sebagai bukti penjaminan mutu penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Di Indonesia proses Akreditasi dilakukan oleh BAN-PT.

Menurut  Prof. Kamanto Sunarto, SH, Ph.D, BAN PT merupakan lembaga independen nonstruktural. Ia berada di luar Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) tetapi bertanggung jawab kepada Mendiknas.  “Singkatnya, Mendiknas bertindak sebagai regulator, sementara BAN PT hanya pelaksana teknis di lapangan,”

“Proses pemberian akreditasi pada program studi dan atau satuan pendidikan dilakukan setiap lima tahun sekali. Namun, pengajuan akreditasi ulang bisa juga dilakukan sebelum lima tahun jika perguruan tinggi atau program studi yang bersangkutan merasa mampu,” tutur Kamanto.

Kamanto menambahkan, penjaminan mutu eksternal melalui akreditasi diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang mutu institusi perguruan tinggi dan program pendidikan yang ditawarkan.

Penilaian tersebut merupakan tahap awal proses akreditasi, seperti yang dipaparkan Eduardus Tandelilin,  sebagai anggota majelis Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) kepada media .  “Kami menyebutnya penilaian kecukupan borang akreditasi,” . Penilaian kecukupan borang merupakan tahap penilaian borang akreditasi yang dikirimkan perguruan tinggi kepada BAN PT. Hasil penilaian kecukupan borang tersebut akan menentukan apakah suatu prodi layak mengikuti proses penilaian selanjutnya dan tahap berikutnya adalah visitasi asesor ke perguruan tempat prodi yang lolos penilaian kecukupan berada.

Untuk menyambut Permendiknas tsb,  Akpar Nusantara yang baru mempunyai 1 (satu) program studi  perhotelan telah mempersiapkan diri sejak tahun 2011, dan  pada tanggal 23 Agustus 2013, Akpar telah menyerahkan 3 (tiga) berkas Borang Akreditasi  ke BAN-PT, yang  terdiri dari Buku  3A mengenai Program Studi  Perhotelan  dan lampirannya , Buku 3B yang terkait dengan Program unit Pengelola Program Studi  (AKPAR Nusantara) serta  Evaluasi Diri Program Studi, ke lembaga BAN PT yang beralamat di Kompl. Kemdikbud RI, gd.D, Lt.1, Jl.Rs.Fatmawati-Cipete, Jaksel. Adapun pelaksanaan Akreditasi Akpar Nusantara Pada tanggal 6 s.d 8 April 2014, divisitasi oleh Tim Asesor BAN-PT yaitu  Bapak  Surya Fadjar Boediman, S.ST. MM.Par dari STP Trisakti dan ibu Rini Kartika Hudiono, S.Pd. MA dari UKSW Salatiga.

Civitas Akademi Pariwisata Nusantara mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi2nya kepada : Ketua Yayasan Aldiana Nusantara (YAN) Ibu  Dra.Hj.Rosdianah, SE, Direktur Perguruan Tinggi YAN Bapak DR.H.Alimudin Almurtala, MM, M.Pd , Seluruh  Dosen, Tamu Industri Hotel, Mahasiswa Semester II, IV dan VI tahun akademik 2013/2014 beserta Alumni Akpar Nusantara  yang telah mendukung secara penuh  atas terlaksananya Akreditasi  AKPAR Nusantara hingga berjalan dengan baik.  Adapun, untuk hasil akreditasi Akpar Nusantara,  masih menunggu selama satu bulan setelah visitasi selesai. Smoga Akreditasi ini dapat mencapai predikat yang baik sesuai dengan harapan kita bersama. (dr berbagai sumber / Diana Hafni Harahap)



Leave a reply